ESC SEBAGAI IKON ELIN

Sunday, December 2, 2012


Satu lagi acara yang digagas oleh Departemen Luar Negeri Hima Elin PENS dan mendapat dukungan penuh dari PT.PJB, yaitu Electronic Solution Competition (ESC). Konsep acara ini berisi olimpiade fisika dan lomba inverting yang diperuntukkan untuk anak-anak SMA/SMK atau sederajat.Tema ESC tahun ini adalah “Peran Pelajar untuk Teknologi Masa Depan”. Dan yang baru saja berjalan adalah olimpiade fisika. Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu lalu (20-21 Oktober 2012) di hall D4 PENS. Ada 19 tim yang terdaftar sebagai peserta,namun pada hari H, hanya 17 tim yang datang,karena ada 2 tim yang berkendala hadir. Peserta berasal dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur.                             
Pada hari pertama,acara dimulai pukul 08.00 WIB,diawali dengan sambutan yang diberikan oleh Ketua Pelaksana ESC (Arif Firmansyah dari 3D4 Elin A) dan Kahima Elektro Industri (Amin dari 3D4 Elin A). Pada hari itu,peserta menjalani babak penyisihan yang nantinya hanya akan menyisakan 8 tim untuk maju ke babak perempat Final. Pada babak penyisihan ini peserta diharuskan mengerjakan 80 soal fisika dalam waktu 100 menit. Bisa dibayangkan bagaimana pusingnya para peserta dalam mengerjakan soal. Dan waktu pun habis pada sekitar pukul 10.30 WIB.
Sambil menunggu pengumuman 8 besar, peserta disuguhkan dengan pengenalan prodi Elektro Industri dan pengenalan komunitas mobil listrik EVC. Peserta cukup antusias dalam menyimak materi ini. Dan akhirnya saat yang ditunggu-tunggu pun datang, pengumuman 8 tim yang lolos ke babak perempat final. Dan wow, ada 4 tim yang berasal dari SMAN Mojoagung, dan 3 tim dari SMAN 2 Lumajang,dan 1 tim dari SMAN 1 Puri Mojokerto. Sedangkan score tertinggi diraih tim 8 (Evan Febrianto & M.Elga Akbar) dari SMAN 2 Lumajang dengan score 166. 8 tim ini besok akan beradu di babak perempat final. Bisa dibayangkan bagaimana serunya pertandingan nanti karena banyak tim yg berasal dari sekolah yang sama.
Pada hari Minggu 21 Oktober 2012, acara dilanjutkan dengan babak perempat finaL,semifinal,dan penentuan juara di final. 8 tim yang kemarin berhasil lolos ke perempat final, hari ini diadu ketangkasannya dalam soal rebutan berupa BENAR atau SALAH. Pertama-tama, 8 tim tersebut diharuskan mengambil undian untuk menentukan drawing, dan akhirnya, 8 tim tersebut terbagi dalam 4 pertandingan perempatfinal,dimana dalam satu pertandingan ada 2 tim yang diadu. Pertandingan berjalan cukup seru, karena ada beberapa tim yang score nya saling kejar mengejar. Dalam perempatfinal ini, apabila ada tim yang kalah, maka akan langsung gugur dan tidak bisa lanjut ke babak semifinal. Dan akhirnya 4 tim yang berhasil lolos ke babak semifinal adalah tim 8(SMAN 2 Lumajang),tim 14(SMAN 2 Lumajang),tim 11(SMAN Mojoagung) dan tim 10(SMAN 2 Lumajang).
Pada babak semifinal, ke 4 tim saling beradu dalam soal rebutan. Pertandingan pertama adalah antara tim8 (SMAN 2 Lumajang) vs tim 14(SMAN 2 Lumajang),cukup menarik, karena kedua tim berasal dari sekolah yang sama. Pertandingan berlangsung cukup seru, namun, tim 8 terlihat sangat menguasai, dan akhirnya, tim8 lah yang berhasil lolos ke babak final.  Pertandingan kedua antara tim 11(SMAN Mojoagung) dan tim 10(SMAN 2 Lumajang). Kedua tim saling kejar mengejar nilai dalam soal rebutan,namun keberuntungan sedang memihak tim 10, dan akhirnya mereka lolos ke final.
Selepas Dhuhur, acara dilanjutkan dengan final penentuan juara 3, antara tim 14(SMAN 2Lumajang) dan tim 11(SMAN Mojoagung). Pada babak ini, peserta diharuskan menjawab 2 soal dari dewan juri dan mempresentasikannya. Kali ini, yang berkesempatan menjadi juri adalah Dimas Pungky,yang merupakan lulusan ELIN yang sekarang bekerja di salah satu Oil & Gas Company di Sumatra dan Syechu, lulusan ELIN yang sekarang menjadi dosen di PENS. Final penentuan juara 3 pun dimulai, kedua tim konsentrasi dalam mengerjakan 2 soal dalam waktu 30 menit. Setelah menjawab soal, masing-masing tim diharuskan mempresentasikan hasil jawabannya. Terlihat kedua tim optimis dengan apa yang mereka presentasikan. Namun mereka harus bersabar untuk pengumuman juara 3 setelah final perebutan juara 1.
Final penentuan juara 1 dimulai, antara tim 8 (SMAN 2 Lumajang) dan tim 10 (SMAN 2 Lumajang). Menarik memang, karena kedua tim berasal dari sekolah yang sama. Ketentuan dalam final perebutan juara 1 ini, sama seperti final perebutan juara 3. Kedua tim harus mempresentasikan jawaban mereka di depan dewan juri. Terlihat bahwa tim 8 sangat menguasai materi. Sedangkan tim 10 sempat kebingungan dalam menjawab soal kedua.
Pengumuman juara pun tiba. Ke empat tim yang berhasil lolos ke final terlihat sangat berdebar-debar. Dan, Selamat kepada tim 8 yang berhasil menjadi juara 1 dengan score 92,4 , tim 10 dengan score 55 berhasil menjadi juara 2 dan tim 14 dengan score 77 sebagai juara ke 3. Ke 3 tim tersebut berasal dari sekolah yang sama, yaitu SMAN 2 Lumajang. Sungguh sangat mengagumkan. Pak Indana, selaku ketua prodi D4 Elektro Industri, berkesempatan memberikan hadiah dan piala kepada ke-3 tim. Juara 1 berhasil menyabet hadiah sebesar Rp.1.000.000,juara 2 sebesar Rp.750.000 dan juara 3 Rp.500.000. “Saya hanya sempat satu kali mengikuti bimbingan dari guru saya, dan Alhamdulillah berhasil menang juara 1, hadiah ini akan saya berikan kepada orang tua saya karena saya sudah nazar”, Ungkap Evan Febrianto,anggota tim 8 yang masih duduk di kelas 11 dengan sangat gembira.

Selesai sudah gelaran acara ESC-olimpiade fisika tahun 2012 ini. Acara berlangsung cukup lancar. “Semoga ESC bisa menjadi ikon ELIN dan bisa berkembang sampai ke tingkat Nasional”,ungkap ketua pelaksana ESC, Arif Firmansyah.

0 komentar:

Post a Comment

 
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI © 2015 | Divisi Media Informasi Departemen Dalam Negeri 2015/2016