Karier Bagus Bukan Cuma karena IPK

Thursday, November 17, 2011

 JAKARTA - Jangan salah, indeks prestasi kumulatif (IPK) tinggi ternyata tidak menjadi jaminan seseorang bisa memiliki karier bagus. Di luar nilai akademis, ternyata ada empat hal yang bisa membuatmu meraih karier impianmu.

Alumni Fulbright, Putut Widjanarko, dalam acara International Education Week 2011 yang diselenggarakkan lembaga konsultasi pendidikan Amrican Indonesian Exchange Foundation (Aminef) dan Education USA mengatakan, empat hal tersebut merupakan salah satu potensi untuk diterima kerja di tempat yang diinginkan.

"Keempat hal tersebut adalah antusiasme, pengalaman, network, dan sikap positif," kata Putut kepada peserta di kantor Aminef, Jakarta, Kamis (17/11/2011).

Antusiasme, menurut Putut, merupakan hal penting yang diperlukan para fresh graduate untuk melamar pekerjaan, terutama saat interview.

"Tunjukkan bahwa kita antusias terhadap pekerjaan yang kita lamar. Dengan antusiasme, pewawancara bisa melihat betapa kita menginginkan pekerjaan tersebut," tambahnya.

Hal selanjutnya adalah pengalaman. Bagi Putut, pengalaman sekecil apa pun sangat memengaruhi resume. "Pengalaman saat sekolah ataupun kuliah, bisa menjadi nilai tambah di resume dan wawancara," ucap President Director of Mizan Corporate itu.

Kemudian, network dan sikap positif juga menentukan pekerjaan yang kita inginkan. Sebab, menurut Putut, melalui jaringanlah kamu bisa mendapat informasi mengenai peluang kerja, dan proyek-proyek tertentu.

"Jangan remehkan jaringan, baik orang-orang yang memang dekat dengan kita, ataupun yang tidak terlalu dekat. Karena, kadang kita malah dapat pekerjaan dari teman lama yang sudah jarang ditemui," jelasnya.

Begitu pula dengan sikap positif, hal tersebut bisa membantu kita jika memang pekerjaan yang kita pilih ternyata bikin frustrasi di beberapa hal,

"Penting menjaga sikap positif dalam diri kita, baik sudah kerja nantinya, atau malah ditolak," tutup Putut.


Sumber : http://kampus.okezone.com

1 comment:

  1. mantabb...ke empat insur itu emang sudah saya rasakan..
    tapi yang perlu di ingat pendidikan itu penting...
    hidup akan lebih susah tanpa pendidikan..

    check it : aiyuchee.blogspot.com

    ReplyDelete

 
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI © 2015 | Divisi Media Informasi Departemen Dalam Negeri 2015/2016