Selamat Hari Guru Wahai Pahlawanku !!

Thursday, November 24, 2011

Tiap 25 November kita memperingati Hari Guru.  Penghargaan apakah yang layak kita berikan kepada para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa ini, mengingat mereka mengajari kita bagaimana membaca dan menulis, pintu gerbang menuju pengetahuan.
Image: corbis.com
 
GURU mungkin kedengarannya hanya sebuah nama yang sederhana, terkadang terlewatkan, dan mudah saja terlupakan oleh kita. Namun, kata 'guru' memiliki makna yang sangat mendalam, yang mungkin tak akan cukup dilukiskan dengan berbagai rangkaian kata, dan salah satu yang bisa mewakili makna dari guru adalah 'penyejuk'.

Guru memiliki andil yang sangat besar untuk kita, dia mengajari bagaimana membaca dan menulis dengan penuh kesabaran dan kasih sayang. Namun terkadang kita hanya melihat mereka dari satu sisi, kita hanya menilai kalau mereka jahat, cerewet, bahkan sangat galak.

Ya, mungkin itu merupakan salah satu metode pengajaran dari mereka, yang ada kalanya kita benci, namun suatu hari nanti akan menjadi kenangan manis yang tak akan terlupakan.

Sang guru bagaikan setetes air di tengah kekeringan ilmu. Guru bagaikan lilin yang menerangi kegelapan, dan guru ibarat penyejuk bagi jiwa yang haus akan ilmu pengetahuan. Sudah sepantasnyalah kita memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada para pahlawan tanpa tanda jasa ini, karena tanpa mereka kita takkan bisa melakukan apa pun dan bukan siapa-siapa.

Dewasa ini penghormatan kepada pengabdian dan sumbangsih dari guru haruslah kita tingkatkan, bukan sebatas upacara setiap hari guru atau menyayikan lagu Hymne Guru. Akan lebih baik jika kita bisa menyayangi dan menganggap mereka seperti orang tua ataupun keluarga kita sendiri, kita juga bisa memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada mereka, tetap menjalin silaturahmi walaupun kita sudah tidak diajar mereka, dll.

Mungkin hal ini tidak akan pernah cukup untuk membalas jasa mereka, tapi yang harus kita ketahui, seorang guru tidaklah mengharapkan balasan apa pun. Baginya, kesuksesan muridnya merupakan kebahagian terbesar.

Satu hal yang ingin saya ingatkan di sini, marilah kita bangun dan bina tali silaturahim yang selama ini sudah terjalin dengan guru-guru kita. Coba ingat kapan terakhir kali Anda menemui mereka? Jika Anda tak ingat lagi dan Anda memiliki waktu, temui mereka segera dan katakan, "Terima kasih, Guruku, atas semua jasamu."

Wahai, Guru, engkaulah penyejuk bagi semua anak bangsa ini.

SELAMAT HARI GURU WAHAI PAHLAWANKU !!
 
 

0 komentar:

Post a Comment

 
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI © 2015 | Divisi Media Informasi Departemen Dalam Negeri 2015/2016