ENERGI SOLUTION COMPETITION 2011

Thursday, March 3, 2011

  ESC atau Energy Solution Competition adalah event tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro Industri PENS-ITS. ESC bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan minat para pelajar dalam bidang IPTEK khususnya pada dunia energi dan kelistrikan. Event ini pada tiap tahunnya akan berganti tema. Tema ESC 2011 adalah Konversi dan Efisiensi Energi pada Power Inverter. Power Inverter yaitu pengubah tegangan 12 Volt DC menjadi tegangan 220 Volt AC dengan frekuensi 50 HZ atau standar PLN.

 

BENTUK KEGIATAN
Kegiatan ini terdiri dari 2 garis besar, yaitu : Workshop dan Lomba.
  • Workshop (Minggu Pertama-Sabtu 5 Maret 2011):
  • Lomba (Minggu ketiga-19 dan 20 Maret 2011):
Lomba terbagi atas 2 kategori, yaitu lomba Konversi dan Efisiensi Energi (Inverter) dan Olimpiade.

1. Lomba Konversi energi dan Efisiensi Energi (Inverter)
Lomba konversi energy merupakan kompetisi. Jadi pengerjaan alat dilakukan 2 minggu sebelum kompetisi atau setelah Workshop. Lomba terdiri atas 2 bagian, Fungsi alat (demo) dan presentasi alat.

2. Olimpiade Fisika
Peserta Olimpiade fisika adalah siswa/i yang berasal dari SMA/K negeri dan swasta se-Surabaya dan sekitarnya. Materi dari Olimpiade fisika ini meliputi soal-soal fisika yang berhubungan dengan Elektronika dan ketenaga listrikan. Setiap sekolah diperbolehkan mengutus maksimal 2 tim yang terdiri dari 2 orang pertim.

Juara Umum
Juara Umum “ESC 2011” diambil dari sekolah yang mendapat juara terbanyak atau point tertinggi dari hasil akumulasi point kedua bidang lomba.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat disini

1 comment:

 
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI © 2015 | Divisi Media Informasi Departemen Dalam Negeri 2015/2016