Studi Ekskursi ELIN 2011

Monday, March 7, 2011

   Selasa pagi 22 februari 2011, tampak dua buah bus besar sedang berparkir di halaman depan kampus PENS-ITS. Ada kunjungan apakah di hari dimana para mahasiswa sedang berlibur itu? Bukan, itu bukanlah bus yang mengantarkan tamu yang sedang berkunjung di kampus PENS melainkan bus yang akan mengantar mahasiswa Teknik Elektro Industri angkatan 2009 untuk melaksanakan kegitan SE atau Studi Ekskursi yang diadakan pada tanggal 22-24 Februari 2011. Kegiatan yang tahun ini diikuti oleh 103 mahasiswa ini mengambil lokasi di tiga tempat yang berbeda yakni PT SAMATOR GAS di Gresik, PT SIDOMUNCUL di Semarang dan PT SARI HUSADA di Klaten.

   Selain diikuti oleh para mahasiswa juga turut serta dua dosen pendamping yakni Bapak Ainur Rofiq, ST. MT. selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro Industri dan Bapak Drs. Irianto, MT. sebagai koordinator KP. Menurut Ketua Jurusan Teknik Elektro Industri, Bapak Ainur Rofiq, ST. MT. Studi Ekskursi merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan  oleh Jurusan Teknik Elektro Industri PENS-ITS. Selain untuk memperkenalkan kampus PENS-ITS khususnya jurusan Teknik Elektro Industri kepada industry, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan hubungan agar dapat terjalin kerjasama antara pihak kampus dengan industri sehingga untuk kedepannya mahasiswa PENS khususnya jurusan Teknik Elektro Industri mempunyai referensi atau peluang untuk dapat melakukan Kerja Praktek (KP) atau bahkan bekerja di perusahaan terkait.
  
   Berangkat dari kampus PENS-ITS sekitar pukul 07.00 rombongan memulai perjalanan langsung menuju ke PT. SAMATOR GAS yang terletak di Jl.Raya Bambe Km. 19 Driyorejo-Gresik Jawa Timur. Rombongan diterima dengan baik di PT. SAMATOR GAS oleh General Manager beserta timnya yaitu dari Kepala Teknik, Kepala Pemasaran serta Teknisi ahli yang juga didatangkan ke ruang pertemuan bersama rombongan ELIN. Sesi pertama diisi dengan sambutan dari bapak Kajur, dilanjutkan dengan pengenalan profil perusahaan oleh bapak Selamet selaku GM perusahaan kemudian sesi berikutnya diisi dengan sharing dan tanya jawab mengenai dunia kerja dan segala macam system yang berjalan didalamnya. Acara selanjutnya mahasiswa di ajak untuk melihat instrument-instrument yang digunakan PT. SAMATOR GAS sayangnya karena keterbatasan alat serta pakaian keselamatan kerja, rombongan tidak diperkenankan untuk masuk dan melihat secara langsung proses produksi didalam pabrik.

   Dari PT SAMATOR GAS, rombongan mampir sejenak untuk melepas lelah di Musium Trowulan Mojokerto, didalam musium rombongan banyak disuguhi dengan benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Maja Pahit hingga sekitar satu jam kemudian perjalanan dilanjutkan kembali  menuju tujuan selanjutnya. Setelah perjalanan yang cukup panjang dari Jatim hingga Jateng sampailah rombongan di sebuah rumah makan di Boyolali untuk mandi dan sarapan untuk kemudian melanjutkan perjalanan lagi ke PT SIDOMUNCUL yang terletak di Jl.Soekarno Hatta Km. 28 Kec. Bergas-Klepu, Semarang Jawa Tengah. Sesampainya di PT SIDOMUNCUL dan beberapa kata sambutan oleh Kajur ELIN dan Humas PT SIDOMUNCUL, rombongan langsung di ajak masuk ke dalam pabrik untuk melihat-lihat  mulai dari gudang bahan baku, pembersihan, pengolahan, penelitian, pengepakan hingga hasil produksi yang siap dipasarkan juga melihat instrument-instrument baru yang digunakan untuk memproses produk Tolak Angin. Setelah itu rombongan diajak untuk beragrowisata di taman flora dan fauna milik PT SIDOMUNCUL hingga setengah jam kemudian dimulailah sesi tanya jawab seputar perusahaan dan dunia kerja di dalam PT SIDOMUNCUL disebuah pendopo ditaman agrowisata PT SIDOMUNCUL.

   Dari Kota Semarang, rombongan langsung melanjutkan perjalanan ke Jogjakarta dan menginap semalam di hotel untuk melaksanakan diskusi dan istirahat. Esok paginya rombongan melanjutkan perjalanan lagi langsung menuju PT SARI HUSADA di Klaten. PT SARI HUSADA adalah perusahaan susu olahan di bawah naungan DANONE dengan produk andalanya yaitu susu SGM yang berlokasi di Jl.Raya Jogja–Solo Km.19 Desa Kemudo, Prambanan, Klaten. Ada pengalaman menarik di perusahaan ini dimana kebersihan, kedisiplainan, kerapihan sangat di junjung tinggi olah semua elemen di perusahaan ini, ketatnya peraturan didalam perusahaan ini terlihat ketika sebelum turun dari bis rombongan dihimbau untuk berjalalan kaki hanya di dalam garis kuning, menyebrangpun juga harus melalui zebra cross, tidak boleh merokok walaupun diluar ruangan, tidak boleh membawa makanan dsb. Pada awalnya peraturan-peraturan tersebut dinilai cukup memberatkan namun apabila kita lihat dari segi positifnya kita akan mengerti bahwa semakin disiplin sebuah perusahaan maka akan semakin maju mutu perusahaan tersebut. Setelah turun dari bis rombongan berjalan meuju sebuah gazebo dan mendengarkan presentasi tentang perusahaan dan dilanjutkan dengan tanya jawab seputar perusahaan. Lagi-lagi sangat disayangkan karena rombongan samasekali tidak dapat mengamati bahkan melihat aktifitas apapun yang ada didalam perusahaan. Dari perusahaan terakhir yang dikunjungi perjalanan dilanjutkan untuk memanjakan rombongan yaitu dengan tujuan Pantai Parang Tritis yang terletak di Bantul Jogjakarta. Setelah puas bermain dan melepas lelah di pantai, rombongan diantarkan ke pusat oleh-oleh di Jogja sebelum akhirnya kembali ke kota Surabaya tercinta. Terimakasih kawan-kawan semoga kegiatan kita ini bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment

 
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI © 2015 | Divisi Media Informasi Departemen Dalam Negeri 2015/2016