ITS Peringkat 100 Besar Dunia Versi Webometric

Sunday, January 30, 2011

Jumat, 21 Januari 2011

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama dua perguruan tinggi negeri (PTN) lain di Indonesia masuk peringkat "100 besar" versi Webometric (pemeringkatan publikasi ilmiah melalui web/laman universitas se-dunia). "Penilaian itu masih bersifat kuantitatif dalam bentuk pemeringkatan, jadi perlu ditindaklanjuti dengan peningkatan kualitas pembelajaran di ITS sendiri," kata Pembantu Rektor (PR) I ITS Prof Arif Djunaedi di Surabaya, Jumat.
Pemeringkatan Webometrics untuk Repositori Institusional pada Januari 2011 itu bertujuan mengukur komitmen perguruan tinggi dalam memberikan akses masyarakat terhadap penelitian yang dikeluarkan melalui laman miliknya, seperti jurnal ilmiah, tesis, disertasi, skripsi, dan sebagainya.
Repositori Institusional merupakan pemeringkatan yang dilakukan dengan mengacu berdasarkan pada empat kriteria, yakni Size (jumlah halaman yang tertangkap situs pencarian), Visibility (dilihat dari jumlah backlink), Rich Files (jumlah file dokumen), dan Scholar (jumlah paper dan sitasi di Google Scholar).
Menurut PR I ITS Arif Djunaedi, masuknya ITS dalam rangking "100 besar" dunia itu tidak lepas dari publikasi riset, baik melalui jurnal ilmiah maupun website resmi ITS. "Jumlah penelitian di ITS memang mengalami kenaikan yang diikuti publikasi internasional. Kami menyadari kunci utama bisa sejajar dengan universitas dunia adalah dengan memperbanyak publikasi penelitian ilmiah," katanya.
Oleh karena itu, pihaknya akan terus mendorong civitas akademika ITS untuk melakukan penelitian sesuai dengan kompetisinya. Tahun lalu, Undip menempati peringkat ke-49 dalam pemeringkatan pada Juli 2010, tapi kini turun ke peringkat 70, sedangkan ITS naik dari peringkat ke-227 pada tahun lalu menjadi peringkat ke-64.

0 komentar:

Post a Comment

 
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI © 2015 | Divisi Media Informasi Departemen Dalam Negeri 2015/2016