Pelatihan PLC ELIN-ELKA

Monday, December 6, 2010

    Sabtu(20/11) hingga Minggu(21/11) kemarin telah digelar gelombang pertama pelatihan PLC (Progaramable Logic Control) untuk mahasiswa Teknik Elektro industri dan Teknik Elektronika. Pelatihan Pemrograman tersebut diadakan di lantai tiga hall D4 ruang 301D atau yang lebih dikenal dengan Lab. FA (Factory Automation). Kegiatan yang dinamai "Training PLC by HIMA ELKA-ELIN" tersebut diikuti kurang lebih 220 mahasiswa angkatan 2007 & 2008 jurusan ELIN dan ELKA yang terbagi dalam 5 gelombang (bisa bertambah tegantung jumlah pendaftar berikutnya) dimana setiap gelombang terdiri dari 18 pesrta dan berlangsung selama 2 hari yaitu hari Sabtu dan Minggu.
    Diadakannya acara ini dilatarbelakangi oleh semakin majunya teknologi di bidang kontrol, terutama dalam dunia industri. Oleh karena itu diperlukan bibit unggul dan berkualitas yang mampu memberikan ide kreatif dan inofatif guna bersaing didunia industri kelak. Dengan semakin majunya teknologi dibidang kontrol memberikan respon positif bagi masyarakat dalam maupun luar negeri khususnya dibidang industri. Hal ini terbukti dengan banyaknya industri yang menggunakan PLC sebagai kontrol dalam kegiatan industrinya. Oleh karena itu kegiatan ini ditujukan bagi mahasiswa tingkat akhir guna memberi bekal bagi mereka selain ilmu yang mereka terima dibangku perkuliahan.
    Menurut Iman, penanggung jawab acara dari Divisi Ristek Himpunan Mahasiswa Elektro Industri, acara ini diadakan melalui kerjasama antara HIMA ELIN dan ELKA dimana pesertanya juga tediri dari mahasiswa ELIN dan ELKA juga. Dalam acara tersebut mengundang salah satu dosen ELIN Ir. Era Purwanto, M.eng. sebagai tentornya. "Acaranya menarik pesertapun terlihat antusias hanya saja masalah molornya waktu yang sedikit menjadi kendala,semoga minngu depan bisa lebih baik", tambah Iman.
    Peserta yang hadir memang cukup antusias mengikuti pelatihan. Menurut salah satu peserta, kegitan pelatihan semacam ini sangat bermanfaat guna meningkatkan ketrampilan mahasiswa di bidang kontrol, dan sharusnya rutin diadakan. Apalagi ada kejuaraan juga di bidang PLC seperti yang baru di diraih oleh Mahasiswa ELIN jadi diharap kedepannya berkat acara semacam ini juara nasional maupun internasional kembali terlahir dari PENS-ITS khususnya jurusan kita Elektro Industri.

0 komentar:

Post a Comment

 
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI © 2015 | Divisi Media Informasi Departemen Dalam Negeri 2015/2016