UTS Perdana

Friday, November 26, 2010

     Tanggal 8-12 Nopember 2010, PENS menggelar Ujian Tengah Semester (UTS). Memang bukan hal yang langka kalau PENS mengadakan ujian, namun ada perbedaan yang muncul dari UTS kali ini. Yaitu UTS perdana bagi mahasiswa baru 2010.
      UTS merupakan suatu hal yang tidak asing bagi seorang pelajar, adalah suatu bentuk uji kompetensi bagi para siswa pada saat tengah semester. Entah mengapa pada saat siswa mengalami masa transisi dari bangku SMA ke bangku perkuliahan selalu bertanya-tanya mengenai bentuk pengujian dan sistem yang diberlakukan. Padahal yang namanya UTS tetap saja UTS baik dari SD,SMP,SMA tetap saja sama. Namun disaat menduduki bangku perkuliahan seolah-olah mereka menemui UTS yang baru, memang sih hal yang diujikan berbeda dari bangku pendidikan yang telah mereka enyam dulu. Kiat-kiat sukses UTS adalah hal yang pertama dan pasti ditanya oleh mereka pada kakak kelasnya. Entah itu dari segi tipe-tipe soal dari masing-masing dosen,cara belajar efektif,dan sistem yang diberlakukan pada saat UTS.
    Posisi menentukan prestasi??? Seolah-olah hal ini sudah mendarah daging dan dijadikan salah satu faktor yang menentukan sukses dalam Ujian. Padahal hal ini tidaklah benar adanya disatu sisi kita selalu mengantungkan kita pada orang lain dan malah memperburuk keyakinan akan kemampuan diri sendiri , membuat jadi malas belajar , dan lebih parahnya bila kita ketahuan mencotek atau berkeja sama maka akan ditindak sesuai aturan yang berlaku. Aturan yang diberlakukan pada UTS dibangku kuliah memang berbeda dari aturan-aturan bangku pendidikan sebelumnya. Di PENS ITS sendiri aturan UTS secara garis besarnya dilarang melakukan suatu bentuk kerja sama atau melakukan tindak kecurangan pada saat proses berlangsung dan bila ditemukan suatu hal yang terkait dalam pasal, maka untuk nilai UTS pada mata kuliah tersebut akan di delete.
    Nah untuk pesan-pesan pada generasi penerus ELIN percayalah akan kemampuan diri kita sendiri belajar yang fokus dan selalu berdoa, contoh atau mencotohi malah akan membodohi diri kita sendiri serta orang lain. Dan ingatlah satu hal yang penting “Tuhan tidak akan merubah nasib suatu makhluk sebelum makhluk tersebut melakukan usaha”.
ELIIIIIIN!!!!!!!!             POWER JOSS.....JOSS.....JOSSS

0 komentar:

Post a Comment

 
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI © 2015 | Divisi Media Informasi Departemen Dalam Negeri 2015/2016