PT. Chevron Untuk Kultam ELIN 2012

Tuesday, January 15, 2013



Hari ini, 20 Desember 2012, rupanya Himpunan Mahasiswa jurusan Elektro Industri tengah kedatangan tamu nun jauh disana. David, mahasiswa angkatan 2011 sengaja mendatangkan Albert Malihot dan Dimas Pungky Pradana dari PT.Chevron untuk mengisi acara di Kuliah Tamu ELIN 2012. Program tahunan yang di ketuai oleh David tersebut dimulai sejak pukul 13.30 hingga 16.30. "Acara ini molor disamping karena banyak mahasiswa ELIN yang masih kuliah, Pak Kadep Elektro juga masih rapat." ujar David disela-sela acara. Mahasiswa semester 3 ini menambahkan bahwa alasannya mengundang PT.Chevron di Kuliah Tamu kali ini tidak lain untuk menambah motivasi mahasiswa ELIN pada khususnya untuk dapat mengikuti jejak Dimas Pungky, Mahasiswa ELIN 2007, yang sekarang bekerja disana.
Dalam sambutan Kepala Departemen Elektro, Zaenal Arif, ST.MT menjelaskan bahwa acara seperti ini sangat banyak manfaatnya. Sehingga harapannya mahasiswa yang mengikuti Kuliah Tamu ini dapat menggalih ilmu sebanyak-banyaknya mengenai PT.Chevron. Hal senada di ungkapkan juga oleh Arman Jaya, ST.MT selaku dosen perwakilan dari ELIN.
Albert Malihot sebagai pemateri pertama menerangkan mengenai sistem manajemen yang ada di PT.Chevron Visi dan value PT.Chevron misalnya. Dalam visinya PT.Chevron ingin menjadi salah satu perusahaan minyak yang memiliki SDM dan performa yang bagus. Tentunya value dalam visi tersebut adalah integritas, kepercayaan, solusi, kerjasama, ramah lingkungan, dsb. Semua karyawan PT.Chevron harus memahami visi serta menerapkan value yang ada di PT.Chevron. Harapannya PT.Chevron dikenal bagus karena performa dari sumber daya manusia yang ada di PT.Chevron itu sendiri.
Perusahaan yang mampu menghasilkan 442.000 barel/hari kepada negara ini hanya meraup keuntungan 14% dari penghasilan yang dihasilkan oleh PT.Chevron. Albert juga menjelaskan secara detail bentuk kepedulian PT.Chevron terhadap pendidikan, kesehatan, dan sosial yang ada di sekitarnya. Di akhir materinya, Albert memberikan 2 pertanyaan untuk mengecek apakah peserta kuliah memperhatikan penjelasannya atau tidak. Dari jawaban peserta Albert mengapresiasi peserta Kuliah Tamu ELIN 2012. Ia berpesan jika ingin sukses kunci utamanya adalah menghormati dan mendengarkan orang yang berbicara.
Setelah mengetahui semua yang ada di PT.Chevron, ada satu hal yang belum diketahui yakni sistem maintenance elektrik. PT.Chevron rupanya tidak menggunakan sumber listrik dari PLN. Sumber listrik di bangkitkan sendiri melalui 22 turbin gas. Dengan jumlah segitu mampu menghasilkan 580MW yang digunakan untuk mengaliri listrik di wilayah PT.Chevron termasuk perumahan, sekolah, medical clinic, pabrik, kantor, dan lain sebagainya. Keseluruhan sistem elektrik dan maintenance dikemas secara apik melalui animasi-animasi unik oleh Dimas Pungky Pradana.
Usai membuka 2 termin pertanyaan dimana masing-masing termin terdiri dari 3 pertanyaan, Tito Amil Muzamil, selaku moderator Kuliah Tamu ELIN 2012 resmi menutup Kuliah.
Acara yang dibawakan oleh MC divya dan Sofi ini kemudian di tutup dengan penyerahan cinderamata kepada PT.Chevron. (aik)

0 komentar:

Post a Comment

 
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI © 2015 | Divisi Media Informasi Departemen Dalam Negeri 2015/2016