Materikulasi Perdana di ELIN

Sunday, September 30, 2012


Salah satu program kerja dari departemen PSDM di HIMAELIN, Matrikulasi, baru saja dilaksanakan pada hari Sabtu (29/09) kemarin. Matrikulasi yang bertujuan untuk memberikan pembekalan pada staff muda fungsionaris HIMA ELIN 2012/2013. Salah satunya agar mereka bisa lebih mudah dalam menjalankan tanggung jawab di HIMAELIN sendiri.
Bertempat di HH-203 gedung D3 PENS, sekitar pukul 08.00, acara pun dimulai. Dengan bacaan “Bismillah” yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya Amin, selaku Kahima 2012/2013 resmi membuka acara Matrikulasi. Sekitar 40 staff muda mengikuti serangkaian acara Matrikulasi ini.
Disamping itu pemateri yang membawakan materi pada Matrikulasi ini tampak antusias, Aini salah satunya. Kadiv (Ketua Divisi) Medinfo ini membawakan materi KAUK (Komunikasi Antar Unit Kerja). Materi yang sangat hangat dengan nuansa kejurnalistikan mampu di kemas oleh dara asli Suroboyo ini. “Tiap anggota tubuh masing-masing memiliki bahasa sendiri dalam berkomunikasi kepada kita.” Ujarnya. Gadis yang termasuk dalam anggota tim Mobil Hemat Energi PENS pada kompetisi IEMC 2012 ini juga menerangkan bahwa tiap orang mempunyai karakter tersendiri dalam menerima maupun memberi informasi. Seyogyanya si pemberi informasi harus pandai-pandai membaca gesture si penerima informasi agar tidak terjadi missed communication.     
                Sebelum KAUK, ada materi pembuka yakni AKL (Analisa Kondisi Lingkungan) dan PJK (Perncanaan Jadwal Kegiatan). AKL yang dibawakan oleh Imam Buchori ini sendiri berisi tentang bagaimana langkah awal para staff muda dalam membuat suatu kegiatan. Selain itu dalam merncanakan kegiatan agar dapat terlaksana sebagaimana mestinya, dibuatlah PJK yang dibawakan oleh Lailatul Mubarokah.
Tepat pukul 12.30 Safira Nur Hanifah memasuki ruang Matrikulasi dengan langsung menyimulasikan materi yang akan dibawakannya, Manajemen Konflik. Tak satupun peserta Matrikulasi menyadari hal itu. Setelah menyadarinya mereka tetap semangat dan antusias dalam mengikuti materi yang disampaikan oleh alumnus SMAN 5 Surabaya itu.
Meskipun peserta Matrikulasi sudah banyak yang berkurang di karenakan ada kuliah pengganti, namun antusiasme dari staff muda masih kental terasa kala mengikuti materi terakhir, Negosiasi. Materi yang dibawakan langsung oleh Ketua Departemen Dalam Negeri HIMAELIN 2012/2013, Reza Arif S., ini cukup memukau. Keahliannya dalam bernegosiasi memang tidak diragukan lagi sehingga wajar saja pemuda dari 3D4 ELIN-B ini dipercaya Vicky, selaku ketua panitia, untuk membawakan materi terakhir ini.
Tepat pukul 15.00 acara ditutup oleh oleh Kahima ELIN 2012/2013. Dengan bacaan “Hamdalah” yang diiringi teriakan jargon ELIN, Amin menutup acara Matrikulasi. Semoga Matrikulasi ini bisa membawa manfaat serta membuat kinerja staff muda pada khusunya lebih baik lagi dalam mengemban amanah di HIMAELIN periode 2012/2013. (rme)

1 comment:

 
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI © 2015 | Divisi Media Informasi Departemen Dalam Negeri 2015/2016