Pengalaman Membawa Kemenangan di IARC 2012

Sunday, July 29, 2012


EEPIS-Online, Sekitar tanggal 14-15 Juli 2012 D3 Teknik Elektro ITS mengadakan sebuah agenda tahunan. Acara kali ini diberi nama Industrial Automation and Robotic Competition (IARC). Kompetisi ini merupakan event tahunan pertama yang bekerjasama dengan National Instrument dimana pada event ini terdapat 4 cabang lomba yaitu Lego Programming untuk tingkat SMA/K sederajat, HMI Programing, PLC Programing dan Tetrix Robotic Programming untuk kategori mahasiswa. Lomba ini juga di ikuti dari berbagai perguruan tinggi ternama se-Indonesia.
PENS tentu tidak ketinggalan dalam meramaikan acara ini. Untuk kategori mahasiswa baik Tetrix Robotic Programming dan PLC Programming diikuti oleh PENS. Uniknya kedua tim tersebut sama-sama dari jurusan Elektro Industri. Karena memang dalam perkuliahan materi PLC sudah diajarkan sehingga Farid Dwi Murdianto dan A. Arif Gunawan Amri tetap PD dalam kompetisi tingkat nasional ini. Disamping itu, Farid sapaan akrab Farid Dwi Murdianto ditemani Ferhard Ardan berpartisipasi di lomba Tetrix Robotic Programming. Meski Ferhard, sapaan akrabnya tengah mengalami kecelakaan bulan lalu namun ia tetap berusaha semaksimal mungkin untuk mengharumkan nama PENS di kompetisi ini.
"Saya ikutan yg Tetrix karena konsep programnya mirip sama program yang saya gunakan waktu lomba di Canada, jadi programnya cukup familiar meski kali ini agak rumit." ujar pemuda kelahiran Ujung Pandang ini. Pengalaman tersebut itulah yang membawa timnya menjadi juara. Lain halnya pada tim PLC Programming, dibekali materi perkuliahan PLC serta fasilitas laboratorium FA (factory Automation) yang cukup memadai membuat tim yang mayoritas mahasiswa semester 6 ini membawa pulang juara 2. "Kami dulu latihannya di Lab FA, kami latihan sendiri buat ngembanginnya. Diiringi do'a yang kuat ya kami menang" tambah Arif yang juga menjabat sebagai presiden UKM Robotika PENS.
Satu hal lagi yang membuat pemuda berdomisili Makasar ini termotivasi memenangkan lomba Tetrix Robotic Programming ini yakni adanya hadiah berupa alat dari National Instrument yang merupakan salah satu vendor pembuat alat-alat industri yang menjadi partner hima d3 Elektro-ITS untuk mengadakan acara IARC ini.
Bukan lomba namanya jika tanpa kendala. Hal inilah yang dirasakan oleh kedua tim tersebut. Disamping mereka latihan buat lomba mereka juga harus mempersiapkan diri buat sidang TPPA. Kendala tersebut justru yang membuat Arif dan tim semangat agar dapat meraih juara meski terkadang harus single fighter.
Terlintas setetes harapan atas prestasinya ini agar kedepan PENS khususnya HIMA ELIN dapat mengadakan ajang serupa tingkat Nasional seperti ini agar PENS lebih dikenal lagi oleh masyarakat. (rme)

0 komentar:

Post a Comment

 
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI © 2015 | Divisi Media Informasi Departemen Dalam Negeri 2015/2016