SAPU ANGIN ITS KEMBALI JUARAI MOBIL IRIT Se-ASIA

Sunday, July 31, 2011

                 Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memberikan kado terindahnya untuk ITS yang akan berusia 51 tahun pada 10 November nanti. Pasalnya, mereka berhasil mempertahankan gelar ‘mobil paling irit’ dalam ajang "Shell Eco-Marathon" (SEM) Asia di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, 7-9 Juli lalu. Ini adalah prestasi kedua kalinya, setelah tahun lalu perguruan tinggi di Surabaya juga menjadi juara pada ajang yang sama.
                   Kemenangan ITS semakin lengkap setelah ditetapkannya Sapu Angin 4  sebagai juara dalam kelas alternative-diesel fuel urban concept  karena menggunakan bahan bakar FAME (Fatty Acid Methyl Ester) atau biodiesel. "Kami menggunakan bahan bakar biodiesel karena ramah lingkungan, bobotnya juga ringan." kata Rektor ITS Triyogi Yuwono.
                    Pada kompetisi tahun ini, ITS menurunkan tiga mobil rancangan para mahasiswanya yaitu "Sapu Angin 3", "Sapu Angin 4", dan "Sapu Angin 5". Sapu Angin 3 bermesin diesel 200 cc, sedangkan Sapu Angin 4 menggunakan mesin 100 cc, dan Sapu Angin 5 bermesin 90 cc.
                    Wali Kota Surabaya, Tri Risma Harini mengatakan sangat mendukung adanya kendaraan super irit buatan ITS ini. Bahkan Tim dari Sapu Angin dikarak keliling Surabaya sore lalu. “Saya bangga terhadap prestasi dari mahasiswa Indonesia. Karena mereka mempunyai inovasi yang berguna untuk kemajuan teknologi dan kesejahteraan manusia tentunya.” Hidup mahasiswa. . !!

0 komentar:

Post a Comment

 
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI © 2015 | Divisi Media Informasi Departemen Dalam Negeri 2015/2016