Kerjasama ELIN dan ITS menghasilkan alat penggiling tepung ikan

Monday, February 17, 2014


Departemen Sosial Masyarakat Hima Teknik Elektro Industri merupakan wadah bagi warga Teknik Elektro Industri untuk meningkatkan dan menerapkan segala sesuatu tentang hubungan bermasyarakat maupun lingkungannya. Dengan harapan adanya departemen yang baru dibentuk dalam kepengurusan Hima 2013/2014 ini dapat memberikan kontribusi nyata sebagai mahasiswa Teknik Elektro Industri atau yang mempunyai background pendidikan sebagai anak Elektro arus kuat (listrik) kepada masyarakat baik dalam hal pendidikan, sosial, budaya, dan lingkungannya tanpa membatasi kerjasama dari berbagai pihak atau lembaga dalam upaya menyelasaikan masalah-masalah sosial masyarakat. Mengenai hal yang terkait tentang pendidikan dan social, departemen ini mempunyai salah satu program kerja yang bernama Elin Social Project atau biasa disebut “Elin Sospro”. Program kerja ini diamanahkan kepada Yudi (2D4A), Yuni (2D3B), dan Aulia (2D3A).
Elin sospro mempunyai daerah binaan di wilayah Kalisari tepatnya RT 2 dan RT 3, yang sebelumnya telah lebih dahulu dibina oleh mahasiswa jurusan atau kepanitian lain tepatnya Sosmas Hima TEKLA dan Tim ITS Bangun Desa (IBD). Namun dalam bidang sosial masyarakat perlu namanya kolaborasi dari berbagai pihak guna saling melengkapi satu sama lain. Karena diawal terbentuknya desa binaan Elin di desa kalisari belum pernah ada koordinasi mengenai program kerja antara ketiga pihak mahasiswa yang berbeda tersebut, dan dirasa adanya kekurang efektifan rancangan strategi bila pihak-pihak mahasiswa yang mengelola masih bersikeras dalam egoisme masing - masing program kerja, maka Departemen Sosmas HIMA ELIN mencari jalan keluar yang dirasa dapat saling menguntungkan. Departemen Sosmas HIMA ELIN pun memprakarsai rapat koordinasi guna membahas program kerja dan grand desain mengenai desa Kalisari untuk 2 hingga 4 tahun kedepan.
Dari rapat koordinasi yang dilaksanakan sebelumnya, didapatkan suatu hasil dimana terjalinnya kolaborasi antara Hima ELIN dengan Hima TEKLA dan IBD dalam bidang peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Kalisari RT 2 dan RT 3. Untuk mengatasi hal – hal yang terkait dengan pendidikan, Departemen Sosmas Hima ELIN bekerja sama dengan Sosmas Hima TEKLA dalam hal penyusunan kurikulum mengajar untuk anak – anak SD di desa Kalisari. Sedangkan untuk kerjasama antara Departemen Sosmas Hima ELIN dengan IBD terfokus pada bidang teknologi, dimana mereka mendapatkan ide dan mulai mencoba untuk mengerjakan project mesin penggiling ikan menjadi tepung ikan beserta alat - alat yang terkait guna mendukung kinerja dari mesin tersebut yang kemudian dapat diolah menjadi pelet (pakan ternak).
Kabar terbaru dari program kerja tersebut, tepat pada tanggal 15 november 2013 kemarin, hasil kolaborasi antar keduanya ini telah menghasilkan suatu alat penggiling tepung ikan.  Rencananya, akan dibuat lagi alat yang bisa mendukung kerja dari mesin sebelumnya, yaitu alat pengering ikan. Untuk pembuatan alat ini Departemen Sosmas HIMA Elin ini tidak bekerja sendiri, melainkan bekerjasama dengan Departemen Ristek Hima Elin.
Ide untuk pembuatan kedua alat tersebut muncul karena adanya pemikiran bahwa kebanyakan orang disana masih mengandalkan cahaya matahari untuk mengeringkan ikan – ikan. Sedangkan cuaca setiap hari tidak bisa diprediksi, sehingga saat cuaca sedang hujan, maka ikan – ikan tersebut tidak akan bisa dimanfaatkan dan akan langsung dibuang. Maka dari itu, jika cara mengolahnya dilakukan secara berbeda, yaitu dengan menggunakan kedua alat tadi, pemanfaatan ikan – ikan kecil tersebut bisa dilakukan secara optimal.
Semoga alat kedua tersebut bisa segera terselesaikan sehingga masyarakat kalisari dapat menggunakannya sebagai dasar untuk menyusun usaha kecil menangah untuk bisnis produksi penjual makan hewan ternak.” Ungkap Kadep Sosmas Hima ELIN 2013-2014, Eko Mamo Prapitag ketika ditanya tentang harapannya untuk Program Kerjanya ini.



1 comment:

  1. sangat menarik...semoga makin sukses selalu

    PSC Indonesia - Spesialis Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif
    Telp. 0815 797 4549
    BB. 7585807C
    www.pscindonesia.com

    ReplyDelete

 
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI © 2015 | Divisi Media Informasi Departemen Dalam Negeri 2015/2016