TIM ROKET PENS KEMBALI JUARAI KOMURINDO

Thursday, June 30, 2011

 
Tim Roket PENS, EEPIS Sky G-02 dan STAR PENS-01 kembali menunjukkan eksistensinya dengan menjuarai  Kompetisi Muatan Roket Indonesia (KOMURINDO) tingkat mahasiswa se-Indonesia di Bantul – Yogyakarta setelah taun lalu PENS juga menyabet juara 1 dengan EEPIS Sky G-01. Tim-tim yang meraih juara pada Komurindo 2011 ialah EEPISky G-02 dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sebagai juara 1, Eagle One dari Politeknik Negeri Bandung menjadi juara 2, dan juara 3, Starpens-01 dari PENS.
Komurindo 2011 merupakan ajang yang tepat untuk mengasah kemampuan dan kreatifitas mahasiswa Indonesia untuk mengembangkan teknologi muatan roket. Peserta dengan akumulasi nilai skor tertinggi dari seluruh tahaplah yang berhasil menjadi juaranya. Seluruh rangkaian pengujian ini disesuaikan dengan tema KOMURINDO tahun ini, yaitu "Monituring Attitude dan Data Service".
Dalam Komurindo kali ini Ketua Seksi Lomba Triyogatama  mengatakan, muatan roket yang dilombakan pada Komurindo 2011 adalah berbentuk silinder berisi rangkaian elektronik dan sistem akuator yang berfungsi sebagai perangkat telemetri untuk meteorology dengan menggunakan tiga macam sensor, yaitu temperature, tekanan dan kelembaban, pemandu arah terbang muatan menuju sasaran menggunakan kompas dan bersifat autonomous sekaligus bisa berkomunikasi dengan sistem kendali operator di ground segment, ukuran dimensinya, diameter 100mm, tinggi 200mm dan berat maksimal l1.000gram.
Selain mendapat piala, juara 1 memperoleh uang pembinaan 10 juta rupiah, sedangkan juara 2 memperoleh uang pembinaan 8 juta dan juara 3 berhak atas uang pembinaan  6 juta rupiah.
Komurindo 2011 ini diselenggarakan oleh DP2M Ditjen DIKTI bekerja sama dengan UGM, LAPAN, Pemkab Bantul, dan AAU.(medfo)

0 komentar:

Post a Comment

 
HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO INDUSTRI © 2015 | Divisi Media Informasi Departemen Dalam Negeri 2015/2016